Wednesday 22 January 2020

5 Operating System Yang Terbaik Untuk Peranti Anda

1. MAC OS

Image result for mac os x 10.2

Mac OS adalah singkatan dari kata Macintosh Operating System. Ia merupakan satu operating system utama di dunia pada ketika ini. Mac OS diciptakan oleh perusahaan Apple Inc. Design yang ringkas dan mesra pengguna. Mac OS merupakan sistem operasi pertama yang menggunakan Graphical User Interface – GUI. Orang-orang penting pada Macintosh yaitu Bill Atkinson, Jef Raskin dan Andy Hertzfeld. Kata Macintosh diambil dari nama Epal kesukaan Jef raskin ,McIntosh. Diperkenalkan pada tahun 1984, dan menjadi salah satu raksasa penguasa Operating System sekarang. Sejak tahun 2006, MAC OS telah memiliki kompatibilitas dengan arsitektur PowerPC maupun x86.

Mac OS X adalah versi terbaru dari sistem operasi Mac OS untuk komputer Macintosh. Sistem operasi ini pertama kali dikeluarkan pada tahun 2001. Karakter “X” adalah nombor Romawi yang berarti sepuluh, di mana versi ini adalah penerus dari sistem operasi yang digunakan sebelumnya seperti Mac OS 8Mac OS 9. Beberapa orang membacanya sebagai huruf “X” yang terdengar seperti “eks”. Salah satu alasan mengapa mereka menafsir sedemikian kerana tradisi untuk memberikan nama sistem operasi yang berbasis Unix dengan akhiran “x” (misalnya AIX, IRIX, Linux, Minix, Ultrix, Xenix). dan Mac OS X Server juga dikeluarkan pada tahun 2001. Pada dasarnya versi Server ini mirip dengan versi standardnya, dengan perbezaan bahwa versi Serverworkgroup dalam komputer berskala besar. Contoh filter tambahan yang tersedia untuk versi ini adalah peranti lunak untuk menjalankan fungsi-fungsi seperti SMTP, SMB, LDAP dan DNS. Selain itu cara melesenkan juga berbeza. Sekadar untuk mencukupkan peranti lunak untuk keperluan pengurusan  Mac OS X adalah sistem operasi yang menggunakan kernel BSD sehingga beberapa kalangan mengatakan bahwa Mac OS X termasuk dalam keluarga Unix. Hal yang menarik dari OS ini adalah keindahan tampilannya sehingga menjadikannya pautan bagi pengembang desktop lain.


2. Microsoft Windows

Image result for windows 98

Windows adalah keluarga sistem operasi. yang dikembangkan oleh Microsoft, dengan menggunakan antarmuka pengguna grafis. Ia merupakan satu operating system utama di dunia. Sistem operasi Windows telah berevolusi dari MS-DOS, sebuah sistem operasi yang berbasis modus teks dan command-line. Windows versi pertama, Windows Graphic Environment 1.0 pertama kali diperkenalkan pada 10 November1983, tetapi baru keluar pasar pada bulan November tahun 1985, yang dibuat untuk memenuhi kebutuhan komputer dengan tampilan bergambar. Windows 1.0 merupakan perangkat lunak 16-bit tambahan (bukan merupakan sistem operasi) yang berjalan di atas MS-DOS (dan beberapa varian dari MS-DOS), sehingga ia tidak akan dapat berjalan tanpa adanya sistem operasi DOS. Versi 2.x, versi 3.x juga sama. Beberapa versi terakhir dari Windows (dimulai dari versi 4.0 dan Windows NT 3.1) merupakan sistem operasi mandiri yang tidak lagi bergantung kepada sistem operasi MS-DOS. Microsoft Windows kemudian terus berkembang dan dapat menguasai penggunaan sistem operasi hingga mencapai 90%. Sehingga tahun 2016 ini, Microsoft telah berjaya mengeluarkan window 10 iaitu sebuah OS yang dapat digunakan untuk platform telefon pintar dan tablet. Dikatakan lebih ramai menggunakan Windows ini berbanding OS yang lain.


3. Linux OS

Image result for linux os

Linux (diucapkan ˈlɪnəks atau /ˈlɪnʊks/) adalah nama yang diberikan kepada sistem operasi komputer bertipe Unix. Linux merupakan salah satu contoh hasil pengembangan perangkat lunak bebas dan sumber terbuka utama. Seperti perangkat lunak bebas dan sumber terbuka lainnya pada umumnya, kode sumber Linux dapat dimodifikasi, digunakan dan didistribusikan kembali secara bebas oleh siapa saja.

Dengan kata lain,linux adalah salah satu sistem operasi unix dan berlesen open source atau source code nya yang dikongsi. Jadi linux boleh dibangunkan oleh siapa saja. Itu merupakan kelebihan dari linux.

Software linux dan windows adalah berbeza. Linux sendiri mempunyai banyak pembangun dan namanya. 


4. DOS OS

Image result for MSDos

Disk Operating System (DOS) adalah keluarga sistem operasi yang digunakan di komputer pribadi. Sekarang, istilah DOS menjadi istilah generik bagi setiap sistem operasi yang dimuat dari perangkat penyimpanan berupa disk saat sistem komputer dimulakan.

Sistem Operasi Disk (Disk Operating System – DOS) merupakan sistem yang digunakan untuk mengelola seluruh sumber daya pada sistem komputer. Sumber daya di komputer baik hardware dan software perlu dikelola dengan baik sehingga sistem dapat bekerja dengan baik (stable), menghindari perebutan pengerjaan (bottleneck), memberikan prioritan pengerjaan, menghindari gangguan-gangguan (virus, hacker), mengatasi sistem dari kegagalan (roolback). DOS terbagi beberapa kelas, yakni 

  1. MS-DOS (Microsoft Disk Operating System
  2. IBM PC-DOS (International Business Machine Personal Computer Disk Operating System
  3. DR-DOS (Digital Research Disk Operating System)
  4. Novell Personal Netware
  5. Caldera DOS
  6. FreeDOS

5. Solaris

Image result for solaris operating system

Solaris merupakan suatu Operating System utama turunan asli dari varian kernel Unix yang dikembangkan pada tahun 1969 oleh American Telephone and Telegraph (AT&T). Solaris pada umumnya digunakan untuk menjalankan web server dan database server. Sejak Sun memulai membangun Solaris, pangsa pasar ditujukan untuk perusahaan menengah ke atas (Enterprise). Solaris juga membangun sebuah operasi system yang berfokus pada bagaimana Solaris boleh digunakan dengan baik dan stabil dengan membandingkan operasi system dengan sistem Unix lainnya. Solaris memberikan dukungan pada kemampuan Multiprocessor, bagaimana mengatasi deadlock, bagaimana menjaga dan meningkatkan CPU dan bagaimana teknik pengurusan Memory yang baik. Jika dilakukan perbandingan multiprocessor pada mesin yang sebanding antara Solaris 10 x86, RedHat Enterprise Linux 4, RedHat Enterprise Linux 5 dan Windows  Server 2003 R2. Solaris lebih unggul dalam stabilitas, efisiensi dan juga memiliki kinerja terbaik pada sebuah system operasi.

No comments:

Post a Comment